Diponegoro Law Fair 2016 – Contract Drafting

Okay, my first post is about my first competition, check it out!

‘Apa sih DLF itu?’ Well, DLF itu Diponegoro Law Fair, suatu kompetisi national yang ada di Universitas Diponegoro. Jujur gue sendiri ga inget ya apa aja lombanya, yang jelas gue inget adalah, contract drafting. Kenapa gue inget? ya orang gue ikutnya itu wkwk. Eh tapi ada debat nasional juga kalo ga salah sih.

Jadi disini gue mau cerita aja gitu pengalaman gue pas DLF. Kalau ditanya soal motivasi gue ikut DLF juga sebenernya gara-gara gue punya temen di undip, dan gue pikir bakalan ada temen disana, dan juga gue sendiri emang penasaran gitu sama contract drafting or more like curious about ‘pemberkasan’. Soalnya kakak tingkat gue pada pinter-pinter gitu, ngeberkas terus dan kayaknya asik, jadi gue penasaran. Sebenernya ada lomba lain sih yang bisa diikutin tapi gue penasaran sama kontrak aja jadi gue pilih contract drafting.

Berawal dari sebuah kegabutan sebenernya, jadi pas liburan itu gue sama temen gue pengen ikut lomba, awalnya mau ikut LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah), tapi karena gue sendiri lagi diluar kota dan bener-bener ga bawa buku apa-apa, batal deh. Dan untuk mengganti lomba yang gagal ikut itu gue memutuskan untuk ikut DLF ini. Langkah selanjutnya adalah gue harus cari team members. Yang jelas gue udah dapet 1 tuh, temen gue yang tadinya mau ikut LKTI sama gue, masih kurang 5, karena emang harus 6 orang.

Ya Tuhan nyari 5 orang macem nyari 1 orang buat volunteer perang tau ga, susah banget. Jadi gue nanya sana sini gitu, nanya kakak tingkat juga. Untungnya banyak yang mau bantu. Nah jadi gue approach a lot of people, yang bahkan gue ga kenal sama sekali, sksd aja gitu, muka badak. Ditolak juga kok sempet :”) Sampai akhirnya udah dapet 3 orang nih, kurang 1. Akhirnya dapet! walaupun dia lagi KKN/Magang lupa deh.

Nah jadi gue langsung bikin group LINE lah ya, karena masih liburan jadi kita ga bisa ketemuan gitu, cuma di group doang. Nah berhubung emang gue yang ngajakin, gue jadi ketua delegasi nih. Jadi gue ngurusin pendaftaran dan sebagainya. Nah, the next problem is we haven’t got any official. Gue bingung banget gimana nyari official soalnya jelas masih pada liburan semua. Beberapa hari buntu banget ga ada yang bisa jadi official until gue inget gue punya temen KMK (Keluarga Mahasiswa Katolik) yang sepertinya bakal mau. Jadi langsung gue chat aja, dan dia mau! Langsung sembah sujud gue saking senengnya (gak deng, gak sembah sujud juga).

Nah abis liburan itu mulai lah proses pemberkasan, kebetulan banget pas itu tuh gue lagi ada proker dari organisasi gue dan gue menjabat sebagai OC, ok jadi pas itu pusing banget asli. Nah, di tim gue ini yg udah bisa cuma 1 karena dia udah semester 7 dan pernah ikut contract darfting juga sebelumnya. Tapi karena pas itu dia masih KKN/Magang, jadi yang ada dulu yang mulai berkas. Sumpah ya, 2 minggu pertama setelah baca kaspos (kasus posisi) kita tuh bahkan ga tau apa yang kita ga tau wkwk. Sampai akhirnya gue memutuskan untuk coba-coba bedah kasposnya pake bagan di papan tulis, disitulah kita mulai mendapatkan pencerahan, gila itu pencerahan banget pokoknya.

Dan semenjak itu kita mulai (agak) serius ngeberkas, udah dibagi bagian masing-masing dan sebagainya. Jelas ada konflik lah ya dalam pemberkasan, terlebih lagi gue emang orang yang ga bisa ngontrol emosi, jadi ya banyak sekali pertengkaran dalam pemberkasan. Pas berkas malem-malem yang jelas kita selalu ke burjo (bubur kacang ijo). Well, sebenernya itu pertama kalinya gue ke burjo dan pertama kalinya gue makan magelangan. Magelangan itu nasi goreng ada mienya dicampur-campur gitu deh, enak sih gue bilang. Awal-awal ngeberkas tuh paling jam 11an udah balik HAHAHAHA. Parah emang, lama kelamaan kita bertobat dan tambah serius sampe akhirnya balik sampe jam 2an, gila juga.

Nah setelah sekian lama ngeberkas akhirnya udah H-1 dikumpulin nih. Sumpah ya, kita sampe nginep di kampus tuh ngeberkasnya, balik jam 6 pagi. Sampe minjem tiker dari sekre buat kalo mau tidur (walaupun gue sendiri malah ga tidur sama sekali). Gimana mau tidur coy, kepikiran deadline lah ya. Itu sumpah ya, gue ke kampus koloran, pendek gitu kan, eh malemnya diajak ke indomaret sama ke burjo, dingin banget gila. Dan malem itu sempet ada masalah juga di tim, tapi akhirnya mah sans juga. Dan sampe jam 6 pagi kita pulang itu belom kelar. Padahal deadline jam 12 malemnya dan harus kita kirim ke Semarang, kalo telat semenit aja pengurangannya banyak bgt sumpah.

Akhirnya jam 6 pagi itu gue balik dan langsung tidur, ga kuat. Gue bangun-bangun jam 12an kali, langsung ga kuliah gue, langsung ke perpustakaan pusat buat kumpul dan lanjutin yang belom kelar. Sumpah ya, kita awalnya janji jam 10 pagi udah ngeprint, dan itu sih emang jelas ga bisa lah ya. Akhirnya janji jam 4 sore, dan gagal lagi karena belom kelar. Finally kita ngeprint, jam 7 malem HAHAHAHAHA. Sumpah ngeprint itu lama banget loh, karena sering ada salah dan sebagainya.

Ditengah-tengah ngeprint, ternyata ada masalah tentang transportasi. Asli itu kita bingung banget, ga tau gimana mau ke semarang padahal udah tinggal beberapa jam menuju deadline. Parah lah. Akhirnya salah satu teammate gue memutuskan untuk nge-chat temen dari temennya dia, bodo amat gitu padahal ga kenal, cuma saling tau aja gitu. DAN AJAIBNYA, dia mau nganterin kita ke Semarang, parah, baik banget.

Akhirnya jam 10 semua baru kelar, ngeprint, ngejilid dan sebagainya. Akhirnya 3 orang ke Semarang dari team gue plus temennya temen gue ini. Asli kita ngebut banget, secara kita ngejar deadline. Parah ngebutnya, tapi gue tetep bisa tidur berhubung bener-bener capek dan ngantuk banget. Nah pas sampe semarangnya ini, ada kendala lagi, nyari kosan panitianya susah parah. Maklum lah kita belom pernah masuk kawasan UNDIP. Dan akhirnya kita nelpon panitianya, terus tetep jalan aja sih pake feeling. EH KETEMU. Demi apa itu tinggal 15 menit sebelum deadline dan akhirnya kita sampe. Gila lega banget. Itu ya gue sama temen gue sampe nahan mau ke wc dari Solo 😦 sampe akhirnya ke wc kosan panitianya HAHAHA. Nah kendala selanjutnya, kan kita harus kirim softcopy juga, dan itu ga boleh telat juga, TAPI ASTAGA KAGA DIKIRIM-KIRIM LAMA BANGET. Jadi kita sambil nungguin teammate gue yang di solo buat kirim softcopy tuh deg-degan parah. Setelah beberapa menit akhirnya udah dikirim, lega. Bener-bener lega pas itu.

Setelah say bye ke panitianya akhirnya kita balik ke Solo, walaupun mampir ke KFC buat makan dulu. Nah abis itu kita rehat. Pengumumannya masih sebulan setelahnya or lebih gitu gue lupa. Pokoknya pengumumannya 14 October 2016.

20161219_174501-1
Masih ada di dinding depan meja gue tbh

Sambil nunggu pengumuman gue tuh memutuskan untuk ikut lomba lain dan udah langsung mulai ngeberkas kan. Sebenernya gue udah pesimis parah, selalu mikir ‘ga mungkin lah jadi finalis’. Kan kalo jadi finalis, kita ke Semarang tanggal 28, 29, 30 October kalo ga salah, tapi gue malah udah daftar study tour ke Bali gitu saking pesimisnya (walaupun belom bayar) HAHAHAHAH.

Nah setiap malem gue udah ngeberkas lagi buat lomba lain kan, tibalah Hari H, 14 October 2016. Gue yang awalnya ga nunggu sama sekali jadi seharian kepikiran, dari malemnya malah. Sampe bolak balik buka Instagram DLF sama Web DLF. Dan ga ada postingan baru gitu. Eh siang gitu gue baru nemu OA LINE DLF 🙂 Ga ngerti kenapa gue bisa baru nemu OA-nya itu. Dan gue sampe ga fokus ngeberkas itu gara-gara nungguin pengumuman.

Pas gue udah siap-siap balik nih dari berkas, gue buka hp kan, EH ADA MESSAGE DARI DLF. Sumpah gue langsung buka kilat, DAN GUE LIAT ‘HMN PURWOSUTJIPTO’ SEBAGAI SALAH SATU FINALIS. ASLI GUE LANGSUNG TEREAK, PARAH SENENG BANGET. KAGET JUGA SIH TAPI ASLI GUE BENER-BENER KAGET PAS ITU.

Setelah itu jadilah hectic weeks. Karena kita cuma ada waktu 2 minggu untuk nyiapin final. Mungkin team lain udah nyiapin dari setelah ngeberkas, lah kita mah udah pesimis duluan jadi nyiapin scenario aja kaga HAHAHAH. Jadi akhirnya gue bagi waktu, jam 7-9 buat berkas DLF, jam 9-11 buat lomba gue satunya. Parah itu capek banget.

Akhirnya skenario kita selesai dalam waktu seminggu, ngabisin waktu banget emang. Jadi kita latihan cuma seminggu. Kendala selanjutnya adalah di team gue cuma ada 1 cowo, yang semester 7 itu. Padahal di kontrak cowonya banyak 😦 Jadi akhirnya bodo amat walaupun nama cowo yang maju gue wkkw. Kita latihan mepet banget, saking mepetnya sampe di sela-sela kelas kita kumpul buat latihan, karena kalo malem yang cowo ini ga bisa, dia ikut lomba lain juga. Nah kendala selanjutnya adalah, temen gue, ada yang jadi Direktur Utama perusahaan, dan emang banyak banget omongannya, dan dia ga hapal-hapal, dan gue juga kalo presentasi katanya boring. Parah banyak banget kendalanya. Tapi akhirnya kita tetep latihan mulu gitu deh.

TANGGAL 28 OCTOBER 2016 KITA KE SEMARANG

Jadi akhirnya berangkat pake mobil gue. Pake supir juga lah jelas. Tapi yang cowo (teammate gue sama Official gue) naik motor, soalnya takutnya kalo di Semarang butuh apa-apa malah ribet ga ada kendaraan, jadi mereka naik motor. Itu pun kita nyampenya telat, well, ga telat sih, cuma emang lebih dari batas waktu, cuma belom mulai kok. Kita langsung ke tempat Opening Ceremony kan. Nah disini gue mewakili UNS buat penyematan di panggung gitu (walaupun cuma maju doang sih sebenernya).

1477704673760
Ya, gue yang paling kiri. Pendek banget ya?

Nah sebelum maju itu kita kaya di briefing dulu kan didepan, setelah briefing kita baris gitu didepan nungguin masuk. Delegasi-delegasi lain pada ngobrol gitu, like ‘kamu yang ikut debate di xxxxxxx kan?’ And I was like ‘_’ POTATO BANGET GUE. Baru pertama kali ikut lomba dan ga ngerti apa-apa. Jadi gue cuma jbjb dikit gitu, nimbrung aja sksd bodo amat.

Eh mana pas opening ceremony ada kendala lagi, bendera fakultas gue ketinggalan di mobil gue, padahal nyokap dan supir udah cabut. Pusing banget gue, akhirnya mereka setelah sekaian lama balik ke gedungnya gitu deh.

Setelah Opening Ceremony selesai, gue sama salah satu teammate gue langsung ke FH UNDIP, ikut technical meeting, sisanya ke hotel. Sebenernya mager banget, tapi gue mau memastikan sendiri keadaannya gitu sih. Terus sumpah ya, pas TM tuh delegasi dari universitas lain kan ada beberapa yang nego masalah peraturan, GUE AJA GA TAU APA YANG PERLU DI NEGOIN MAUPUN YANG DITANYAIN 😦 parah banget emang, maap ya namanya juga newbie. Jadi ya gue memahami aja gitu peraturannya. Dan pas pengundian nomor, kita dapet nomor 4. Agak kecewa sih, gue pengen nomer 3 sebenernya. Tapi gapapa deh asal ga nomer 1 HAHAHA.

Setelah TM gue langsung balik nih ke hotel. Langsung pengen tidur rasanya. Tapi ga bisa, jadi gue mandi dan sebagainya, LANGSUNG LATIAN. Pas itu pengen richeese banget, tapi lagi latian, akhirnya official gue yang beliin. Btw tau ga, yang harusnya jadi Direktur Utama kan temen gue, tapi karena memang terlalu kaku, kita change orangnya. DAN KITA CHANGE BENER-BENER PAS MALEM ITU, MALEM H-1 SEBELUM LOMBA. Terdengar gila memang, tapi kita bisa overcome itu kok. Akhirnya kita latihan sampe malem dan karena udah ngantuk banget kita akhirnya balik ke kamar masing-masing. Nah di kamar itu kita makan richeese-nya dulu, terus tidur deh.

HARI H NIH, TANGGAL 29 OCTOBER 2016

Kita bangun pagi banget parah. Awalnya dibilang jam 7 berangkat kan, jadi gue sendiri bangun jam 4-an tuh, langsung mandi setelah teammate gue ada yang mandi duluan. Nah jam setengah 6 itu gue masih dandan dong ya, EH TIBA-TIBA DIBILANG JAM 6 BERANGKAT. YAKALI??? Ya gue bilang ga bisa gitu dong, secara teammate gue masih ada yang baru mandi gitu kan. Dan akhirnya ga jadi jam 6 kok. Terus ya gue lanjut dandan, catokan, dan mencoba-coba jas gue. Nah akhirnya kita berangkat dengan bus, sama yang lain juga jelas.

Terus lucu banget deh masa ada yang nanya gini “dari universitas mana?” ya gue jawab “dari UNS” TAU GA ABIS ITU DIA BILANG APA? “Oh Universitas Nasional” lah sejak kapan UNS itu universitas nasional 😦 Terus gue bilang “oh nggak, sebelas maret”. Tapi pas denger itu gue ketawa sih, lucu aja gitu.

Nah sesampainya di UNDIP, parah kita jalannya jauh. MANA PAKE HEELS. My poor feet 😦 Mana muter-muter gitu kan, tapi yaudah gapapa sih gue tahan aja. Nah setelah sampe ruang kelas, saatnya FOTO-FOTO HAHAHAHA ga deng gue lanjutin design yang mau dipake, harus ada yang di revisi soalnya. Tapi abis itu kita jelas foto-foto lah.

2016-10-30-10-11-04
Cr. Aldo (Official)
Processed with VSCO with hb2 preset
Cr. Aldo (Official)

Nah, kita pokoknya lumayan lama tuh di ruangan itu. By the way, kita kedatangan tamu! Anak-anak KSP (Kelompok Studi dan Penelitian) “Principium” which is organisasi yang gue ikutin. Ketuanya dateng, dan kadiv gue juga dateng beserta yang lainnya. Seneng parah pas mereka dateng. Jadi rame ruangannya, padahal ada delegasi dari universitas lain tapi bodo amat HAHAHA. Nah kita haha hihi dulu tuh beberapa lama sampai akhirnya mereka mau cari makan dulu. Setelah mereka pergi kita pindah ruangan, berhubung yang pertama maju udah kelar.

Nah di ruangan tersebut kita latihan kan, mana suara kita keras tuh, langsung diingetin panitianya kalo jangan berisik soalnya ruangan sebelah lagi presentasi LKTI. Nah yaudah kita lanjutin sampe akhirnya disuruh pindah ruangan lagi. Sebenernya yang kasian officialnya sih, soalnya bawaannya lumayan banyak loh. Setelah pindah ruangan, kita tetep latihan sampai akhirnya kita pindah gedung.

Pas pindah gedung kan jauh lagi tuh, mana jalannya naik turun, parah kaki gue sakit banget mengingat gue pake heels, padahal pendek loh heelsnya. Setelah sampai di gedung yang kita tuju tuh kita harus naik ke lantai 3 kalo ga salah, parah kaki udah ga kuat. Jadi gue sama teammate gue ada 1 orang langsung lepas heels HAHAHAH. Bodo amat cekeran. Eh setelah mau sampe lantai 3 kita denger suara orang, langsung pake lagi deh heelsnya.

Dan btw ternyata suaranya itu suara temen gue HAHAHA. Shock juga bisa ketemu, padahal dia bukan panitia DLF. Yaudah say hi bentar terus kita ke ruangan yang dituju. Asli pas disitu kita udah deg-degan parah. Mengingat abis ini kita bakal maju kan. Tapi kalo ga salah istirahat dulu tuh lumayan lama. Jadi kita makan dan lain-lain. Walaupun ada beberapa yang memutuskan untuk ga makan. Kita sempet foto-foto juga pas nungguin istirahat itu sih. Ini foto kenang-kenangan se-team plus Official dan LO kita. Mumpung ada backdropnya juga HAHAHA.

img_20161031_144457
(From Left to Right) Aldo, Caca, Ayas, Me, Rebeka, Dhian, Revita, Fataa

Nah abis itu kita dipanggil buat maju. DEG-DEGAN PARAH. Sampe kata ketua KSP tangan kita jadi dingin semua HAHAHA. Kita dikasih waktu 5 menit buat nyiapin segala sesuatunya tuh diruangan. Nah gue kebagian ngurusin file di laptop kan. Pas masuk gue langsung ke panggung dong ke tempat laptop, nah pas banget gue bawa tas laptop gue tuh. Nah yaudah pas selesai gue turun. Jadi ceritanya harusnya pas negosiasi gue bawa tas laptop. EH PAS UDAH DIMULAI GUE BARU INGET TAS LAPTOP GUE DIATAS 😦 Gue kaget kan pas inget, gue ngomong keras banget kayaknya sampe temen-temen gue denger HAHAHA maap guys. Jadi yaudahlah ya gue ga bawa tas laptop tuh pas negosiasi.

Nah pas negosiasi mulai tuh banyak adegan lucu sih. Kaya, pas kita mau minum, Ayas kan ceritanya jadi konsultan hukum gue, jadi gue disebelah dia. Pas itu gabut kan gue jadi gue bilang “Bu tolong bukain ya saya ga bisa” (padahal masih negosiasi didepan juri) terus mana temen gue langsung nyaut “Wah manja sekali ibunya ini” HAHAHAHA BANGKE 😦 Terus abis itu temen gue yang lain ceritanya lagi ngomong, gue bosen nih nungguin, ada permen kan ceritanya, langsung gue bilang ke ayas “Bu tolong ambilkan permen saya tidak sampai” HAHAHAHA maaf ayas udah ngerjain kamu 😦 Nah yaudah pokoknya kita negosiasi terus sampe akhirnya selesai negosiasi ditutup dengan foto bersama.

1477726699142

NAH ABIS ITU KELAR DEH. SUMPAH PAS ITU LEGA BANGET. Dan gue menikmati banget negosiasinya. Seru lah, pas negosiasi gue ga se deg-degan itu btw. Karena menurut gue team gue ini saling melengkapi satu sama lain. Setelah keluar katanya tangan kita ga dingin lagi HAHAHA.

Abis itu kita foto-foto dulu dong jelas. Bersama dengan temen-temen yang udah jauh-jauh (ga jauh-jauh amat sih sebenernya) dari Solo buat support kita.

147772965999914777296672431477729684593

Nah abis itu barulah saat yang kita tunggu-tunggu. JALAN-JALAN! Tapi kita balik ke hotel dulu lah, langsung tepar semua. Langsung tidur. Gue mandi dulu sih, baru tidur capek banget. Katanya gue udah dibangunin berkali-kali dan tetep ga bangun HAHAHA. Sampe udah agak malem akhirnya kita pergi tuh. Makan doang terus balik dan Aldo dibawain martabak sama saudaranya. Surga. Akhirnya kumpul dulu tuh di kamar yang cewe buat makan dan nonton tv. Setelah sekian lama bercanda ga karuan akhirnya kita tidur karena besok pagi ada Closing Ceremony.

TANGGAL 30 OCTOBER 2016

Udah hari terakhir aja nih. Kita bangun pagi seperti biasa, ga sepagi kemaren sih yang jelas. Terus kita siap-siap karena barangnya disuruh bawa sekalian gitu kan. Barangnya banyak banget. Nah seperti biasa gue bangun lumayan pagi. Yang rada siangan pas mandi airnya mati HAHAHAHA. Suka sedih. Untung bukan pas gue mandi sih. Nah ga tau akhirnya gimana katanya air wastafel sempet nyala jadi dia bilas pake wastafel. Terus akhirnya pas udah di lobby hotel kita nunggu busnya lumayan lama. Sampe ketiduran gue.

Nah pas busnya dateng langsung cepet-cepet keluar kan gue. Eh papasan sama temen gue, dia anak undip juga. Terus abis itu kan gue bawaannya banyak ya, temen gue anak undip itu bantuin bawa, baik ya. Terus yaudah deh abis itu kita ke tempat Closing Ceremony-nya. Tau ga gara-gara ada CFD kan jalannya ditutup. Kita disuruh jalan ke gedungnya. Padahal selain banyak bawa barang, GUE PAKE HEELS 😦 Parah kaki sakit lagi. Nah disitu kita nonton Final Debat Nasional. Abis itu ada seminar, baru pengumuman pemenang.

Well, sebenernya gue ga berharap banyak sih berhubung sainganya oke semua. Dan akhirnya, kita ga menang HAHAHA so sad. Kecewa sih. Tapi gapapa, gue yang baru pertama kali ini ikut lomba dan masuk final itu udah ada kebanggaan tersendiri. Dan jujur, gue udah bangga dengan diri gw sendiri yang bisa masuk finalis (5 besar) dari belasan tim yang ngirim berkas buat DLF ini. Parah bangga banget.

Oke abis itu kita kelar nih. Eh sempet ada masalah terkait nilai gitu, yaudah gue nemuin PJ Contract Draftingnya dulu kan, nanya kejelasan dulu gitu. Abis itu udah deh. Gue sempet ngobrol sama temen gue yang dari undip dulu. Abis itu jelas FOTO-FOTO YAYYYY.

1477823433223147782343878514778234626461477823464585

Dan abis itu, bendera fakultas gue ternyata ketinggalan di kosan panitianya. Jadi kita nungguin lumayan lama gitu deh. Sambil foto-foto gitu.

SOOOOOO, THAT’S ALL!

Jadi itu cerita dari kompetisi pertama yang gue ikutin. Contract Drafting – Diponegoro Law Fair 2016. Seru banget. Dan gue ga pernah menyesali apapun yang terjadi. Gue yakin gue udah berusaha yang terbaik. Pengalaman yang gue dapet pun sangat mengesankan. Intinya, menurut gue ini pengalaman yang berarti banget. Jadi, gue yakin ini pertanda gue harus ikut banyak kompetisi lain untuk kedepannya, dan bisa mendapatkan gelar juara.

Special Thanks to my teammates:

  1. Sintya Rebeka (FH UNS 2015)
  2. Andina Larasati (FH UNS 2015)
  3. Fataa Tanjung (FH UNS 2013)
  4. Dhian Widhyastuti (FH UNS 2014)
  5. Revita Ernawati (FH UNS 2014)
  6. Benediktus Ronaldo [OFFICIAL] (FH UNS 2015)

Sincerely,

Natalia Ayu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s