ALSA EFEST FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS DIPONEGORO 2016 – MUN (MODEL UNITED NATIONS)

Hello! Now I’m gonna post about my MUN experience! Check it out!

First of all, kalian semua pasti tau lah apa itu MUN kan, MUN itu singkatan dari Model United Nations. Pertanyaan klasik kalo gue ngomongin soal MUN adalah “Model United Nations? Lo model? dimana” iyain aja 🙂 Parah gue sering banget ditanyain gitu. Padahal MUN juga baru sekali HAHAHA.

Nah jadi sebenernya, gue tuh baru baca novel, dan intinya si tokoh utama ini panitia MUN gitu, jadi dia ini jadi motivasi gue cobain MUN. Nah gue punya temen di UNDIP kan, gue sekedar curhat aja ke dia kalo gue tuh penasaran banget sama MUN. Tapi sayangnya di Universitas gue ga ada MUN club gitu. Eh beberapa hari kemudian dia ngasih tau gue kalo bakal ada MUN class di UNDIP. Awalnya gue mager banget. Tapi akhirnya gue daftar juga. Gue, kakak gue, sama temennya kakak gue daftar kan.

Pas Hari H kita nyaris ga jadi berangkat sebenernya, karena kita ga ada persiapan sama sekali dan gue keras kepala banget paginya ga mau pergi. Tapi nyokap sama kakak gue bersikeras mau pergi, ya jadi ga mau rugi dong gue. Jadilah gue tetep ikut ke Semarang. Sebenernya gue udah deg-degan banget karena parah gue tuh ga ada persiapan sama sekali. EH TAUNYA KITA AJA GA HARUS BIKIN POSPAP. Gue lebay bgt ya HAHAHA. Ya bagus deh, dan pas itu gue dapet Afghanistan. Gue awalnya masih ga ngerti apa yang diajarin sebenernya HAHAHA. Akhirnya ngerti dikit-dikit, dan gue tetep  maju buat ngomong walaupun masih a e a e gitu ngomongnya. Tapi temen kakak gue, dia sama-sama ga ngerti apa-apa tapi pinter banget. Dia jadi best delegate juga akhirnya pas MUN class. Oh ya pas itu ada 1 orang yang stand out banget, parah dia keliatan pinter banget. Gue awalnya yakin banget dia bakal jadi best delegate kan. EH TAUNYA TERNYATA DIA PANITIA.  Jadi yaudah deh menurut gue itu asik banget dan gue jadi suka MUN. Kita kenalan sama banyak orang juga jadinya gara-gara itu.

1472284493987

Nah setelah itu gue ada berhubungan sama salah satu panitianya karena ngebahas masalah sertifikat, jadi sertifikatnya harusnya dikirim ke Solo tapi ga dikirim-kirim, akhirnya gue jadi temen baik sama panitianya itu. Tapi akhirnya temen gue yang di UNDIP itu bantuin ngurusin sertifikat juga sih. Nah abis itu kan memang rangkaian acara ALSA EFEST itu ada MUN (bukan class). Kita bertiga udah daftar tuh. Kan pilihannya ada UNICEF sama Legal Committee, awalnya gue mau UNICEF aja, males kebanyakan mikir kalo di Legal, tapi temen kakak gue pilihnya legal, kakak gue ikutan deh, dan akhirnya gue pun ikutan legal.

EH TAPI HARI-HARI TERAKHIR MEREKA GAJADI IKUT. Galau banget tuh gue, ga mau lah gue sendirian. Mana pas itu gue abis DLF juga dan gue masih berkas untuk lomba lain. Tapi yaudah deh akhirnya gue tetep ikut tuh. Gue bayar untuk yang full accommodation karena ya gue disitu emang ga ada akomodasi sih. EH SEBELUM BERANGKAT NIH ADA HALANGAN LAGI. Gue sakit radang usus. Parah, nyokap sama coach buat lomba lain gue nyaranin gue ga ikut sih, tapi yakali. Jadi yaudah deh gue tetep ikut. Oh anyway, this time I got Malaysia.

9 NOVEMBER 2016

Okay jadi ini hari pertama gue ya, gue pagi-pagi berangkat dari Solo naik travel sendirian. Ga gabut sih pas di travel soalnya gue tidur saking ngantuknya. Dan btw itu gue ketinggalan travel HAHAHAH. Tapi akhirnya dinaikin jam selanjutnya, soalnya setiap jam ada. Nah yaudah sesampainya di Semarang gue langsung menghubungi panitia, dan gue dijemput. Niatnya mau langsung ke UNDIP, tapi yakali, gue ampas banget mukanya dan gue perlu ganti baju. Jadi gue menyarankan ke hotel dulu, katanya sih belom di check in tapi dia tetep nurutin kemauan gue, baik ya panitianya. Jadi ya gitu deh kita ke hotel dan bisa check in, yaudah gue ganti baju dulu, tapi maklum ya cewe, jadi lama banget, sampe di chat panitia AHAHHAA.

Setelah sampe di UNDIP, eeee ketemu temen gue yang panitia MUN Class itu kan, terus yaudah gue naik keatas, ada photobooth, disuruh foto. TAPI GUE SENDIRIAN 😦 Parah jombs abis gue foto sendirian wkwk. Walaupun akhirnya gue malah foto 2x HAHAHA.

img_20170107_015054_923
I got it framed anyway

Terus yaudah gue masuk ruangan. EH TAUNYA MASIH KOSONG. Tambah keliatan jomblo gue sendirian gitu. Tapi emang yang dari UNS gue doang sih yaudah selo aja gue mah. Lalu mulai banyak yang dateng, gue kan kedua dari depan duduknya, ada 3 cowo yang duduk didepan gue. Yaudah kita kenalan, sebenernya gue nangkepnya 3 orang itu dari UGM semua, ternyata yang 2 dari ITS wkwk. Eh yang dari UGM taunya temennya temen deket gue, dunia sempit ya. Terus yaudah itu zero conference kan, EH GUE BARU TAU POSPAPNYA DIKUMPUL HARI ITU JUGA, MANA GUE BELOM BIKIN. Asli fucked up banget gue, tapi gpp ternyata gue ada temennya HAHAHA.

Yaudah setelah itu kan balik ke hotel, eh gue ketemu 3 cowo tadi, ternyata mereka full accommodation juga. Yaudah karena gue gabut gue nyamperin mereka sksd gitu, gue bilang “Eh kalo mau makan apa gimana ajak gue ya” HAHAHAHA SKSD BGT. Malu-maluin tapi bodo amat lah. Terus kita sampe bikin group line dulu gitu. Nah setelah itu gue dapet kabar kalo roommate gue anak UI, mantap, pinter lah ya pasti, gue mikir gitu sih.

Sesampainya di kamar, gue langsung ngebut bikin pospap anjir AHAHAHA. Lama tuh gue bikin, sampe malem kalo ga salah. Dan saat itu roommate gue belom dateng, dia baliknya rada malem soalnya jalan sama temennya kalo ga salah. Yaudah gue sendirian sambil ngerjain pospap. Gabut sih jadi gue malah selfie HEHEHE.

Yaudah akhirnya malem-malem kita mau ngeprint kan, pas banget roommate gue dateng. Pertamanya awkward sih, tapi dia ramah banget asli, jadi gue enjoy aja abis itu sama dia. Dan dia langsung gue tinggal ngeprint tuh. Jadi gue dan 3 temen gue ini langsung keluar ngeprint. Udah jauh-jauh EH FILENYA GABISA DIBUKA. Asli sebenernya gue kesel banget tuh pas itu, tapi yaudah akhirnya gue foto copy convention dulu baru akhirnya kita memutuskan untuk balik ke hotel. Temen gue ini pinter dan rajin banget, orang gue aja pospap baru kelar lah dia malah udah ngeprint convention. Nah pas gue foto copy convention itu, ada 1 temen gue yang anak ITS nunggu didepan foto copy-an, and guess what? dia dikira tukang foto copy HAHAHAHAHAHAHAHHAHAHA, parah pas di mobil kita bertiga ngakak pas diceritain, lucu banget parah.

Jadi yaudah kita balik ke hotel buat copy data lagi ke flashdisk, mau kirim data ke email buat jaga-jaga takut flashdisknya error lagi eh malah internetnya mati, mantap. Sekalian gue ngobrol-ngobrol sama roommate gue tuh, nah dia gue kenalin ke 3 temen gue ini dan ternyata dia dulu kak kelas temen gue tadi, dan dia aja ga ngerti kalo dia kakak kelasnya HAHAHA.

Yaudah abis itu kita balik ke foto copy-an, dan untungnya bisa dibuka filenya dan akhirnya kita ngeprint. Abis itu rencananya kita mau ke cafe gitu, buat belajar gitu lah. Tapi temen gue ini ga mau kalah jadi ngajak balik ke hotel buat ambil materi dia dulu baru ke cafe, bolak-balik tuh kita jadinya HAHA. Dari foto copy-an kalo mau balik ke hotel tuh muternya jauh banget parah, jadi temen gue cari jalan lain, jalan tikus gitu lah masuk gang-gang, nah kanan kiri kan got, eh kita malah tersesat. Akhirnya muter balik kan pas muter balik ban mobil kita masuk got HAHAHA. Jadi pas muter balik itu temen gue yang didepan ngarahin, dia emang bilang ada got tapi ngomongnya santai banget jadi yang nyetir kira masih jauh gotnya, taunya jadi masuk ke got deh HAHAHA. Temen gue panik parah, soalnya dia sayang banget sama mobilnya. Kita antara mau ketawa sama panik tbh. Jadi yang 2 akhirnya turun buat ngarahin dia, dan gue, well, tetep duduk di mobil HEHE. Sebenernya gue menunggu buat diusir tapi gue ga disuruh keluar yaudah gue stay di mobil deh. Terus dia ngebut gitu dan akhirnya bisa keluar itu ban mobil dari got. Sumpah itu lucu kalo dipikir-pikir.

Abis itu kita nunggu dia ambil materi kan, terus kita langsung cabut lagi, kita muter cari cafe kan, tapi cafe daerah tembalang udah tutup semua, kita udah muter-muter. Akhirnya gue saranin buat turun ke daerah bawah, eh pas jalan turun macet banget, jadi akhirnya kita muter dan cari cafe diatas lagi. Tapi hasilnya nihil, udah last order semua. Finally, kita ke Indomaret buat beli minum sama makanan buat di hotel AHAHAHAHA. Jadi di lobby hotel itu ada meja sama kursi kan, kita berempat disitu, katanya sih belajar, but it turned out bonding HAHAHA. Ya orang kita malah ngobrol-ngobrol ga jelas, seru sih menurut gue. Kita ngobrol-ngobrol sampe sekitar jam 2. Yaudah gue balik keatas kan, eh roommate gue udah tidur 😦 Jadi yaudah gue ketok pelan-pelan, akhirnya dibukain sih, sebenernya gue ga enak sama dia tapi yaudah. Nah setelah semua masuk kamar dan sebagainya, gue bukannya tidur malah ketemu sama temen gue yang panitia, jadi gue keluar kamar dan ya gue mau tanya pendapat dia soal pospap gue dan sebagainya gitu. Abis itu barulah gue tidur.

10 NOVEMBER 2016

Hari ini gue sama roommate gue telat bangun HAHAHA. Gue sama dia udah nyetel alarm padahal, tapi kita samaan, setiap denger alarm bukannya bangun malah kita matiin dan tidur lagi. Sampe akhirnya panitia ketok kamar kita dan ngasih makanan. Dan anjir itu udah almost telat, dan kita belom siap. Akhirnya gue mandi dan sebagainya, 3 temen gue udah ribut di group. Nah yaudah gue lanjut siap-siap, akhirnya telat lah pokoknya, kirain gue udah ditinggal sama temen-temen gue, taunya mereka nungguin gue uuuuuuuuu baik nget. Tapi akhirnya gue sama roommate gue ga dibolehin di mobil temen gue katanya kasian panitianya, HAHAHHA padahal mereka udah nungguin, kasian, so sowrryyy.

MUN kita di Hotel Grasia, pas sampe disitu, gue sama roommate dan temen gue 1 lagi di Legal Committee kan, kita ga telat, pas banget Chairsnya baru masuk. Tapi katanya 2 temen gue yang lain kan di UNICEF tuh, dia telat masuk katanya. Nah yaudah dimulailah Committee Sessionnya. Yang pertama ada General Speakers’ list, disini setiap Negara yang mau bicara dipersilahkan, biasanya sih untuk menunjukkan stance negara lo, kebijakan negara lo terkait issue tersebut dan sebagainya. Yaudah gue angkat placard gue. And you know what? Pas gue ngomong, data yang udah gue siapin buat ngomong ilang HAHAHAHAHHA anjir. Jadi gue kagok, ga tau mau ngomong apaan asli. Blank banget, jadi gue diem sebentar, langsung ngomong ‘thank you’ HAHAHAHA. Malu banget anjir, tapi ya gimana gue blank banget.

Terus yaudah lanjut kan nih, kita bahas beberapa motion, gue sempet ngomong di beberapa motion. Oh ya disini kan kita ga boleh ngomong, jadi kalo mau ngomong ke delegate lain harus pake notes yang dikasih ke panitia. Dan berhubung  gue belom kenal siapa-siapa gue paling kirim notes ke France which is emang temen gue. Ke Indonesia juga buat iseng HAHAHA.

Dan beberapa jam setelah itu tiba-tiba ada surat dateng gitu buat UK. We were curious af. Ternyata setelah dia bacain, ada masalah antara Japan and Russia Federation terkait POWs. Dan gue duduk diantara delegasi Japan dan Russia, mantap 🙂 Gue sama temen gue yang merupakan delegasi France bersikeras ga mau ngomongin masalah ini, tapi UK dan beberapa negara lain mau, dan kita nyaris terbelah gara-gara masalah ini, untung ga jadi kebelah HEHE. Pas unmoderated caucus kita ngomongin baiknya gimana dan sebagainya jadinya ga jadi kebelah.

1g2unubfnap-o8eybxyyjcemsttaetr73a5ctkspk3y28ligtrq55ucmvs5gjfucnqmydcp9yb0ostchirz85y

Nah setelah itu saatnya kita buat working paper, di unmoderated caucus kita harus bahas itu kan, padahal waktunya cuma sekitar 10 menitan kalo ga salah, sempet 15 menit juga sih, lupa. Disitu kita bahasnya lumayan asik sih, mungkin karena bebas juga kan ya. Sambil coffee break juga pas itu. Dan pas itu gue laper parah, jadi gue tinggal makan dulu HEHEHE so sowrryy guys luv u tho.

Pas itu Japan sama Russia kaya tenang-tenang aja gitu padahal ceritanya kan lagi perang itu 2 Negara. Terus tiba-tiba Japan ngomong tuh, dia emotional gitu ngomongnya, jatohnya kaya lagi baca poem, gue sama anak-anak lain nahan ketawa asli HAHAHAHAHA. Hebat loh dia bisa kaya gitu, walaupun lucu 😦 Gue inget banget dia sempet blank jadi ngomong hal yang sama 2x, disitu gue langsung ketawa, ga bisa nahan, dia jadi mau ikut ketawa HAHAHAHAHA. Terus yaudah setelah beberapa jam, akhirnya selesai comses hari itu. Pas keluar dari ruangan kita langsung foto-foto lah ya, kenang-kenangan.

oxvfeeeefgmrjtl3kq6uykjj6mmpaqazdi8vk6olrrm
LEGAL COMMITTEE
gpbiugdmgei93mlh4-wji-tj-zvfiqn2dd9t-aandqc
Yang bawan UNICEF

Jadwal selanjutnya adalah Social Night, well, sekalian untuk bonding juga lah ya. Yang anak-anak kos memutuskan untuk ga balik, tapi gue dan anak-anak Hello Hotel memutuskan untuk balik. Di Hotel kan gue mandi dulu, jadinya lama, ga sempet catokan deh gara-gara cepet-cepet, rambut gue jadi najis gitu tapi bodo amat lah ya. Nah berangkatnya gue bareng 3 temen gue, roommate gue sama panitia. Kita emang disuruh ngikutin panitianya, disuruh lewat tol, katanya walaupun lebih jauh, tapi ga macet. Soalnya kalo lewat jalan biasa itu turunnya macet banget.

Eh tapi ditengah jalan mobilnya panitia ga keliatan lagi. Dan harusnya kan kita lurus terus di tol, kita malah belok kiri yang mengakibatkan kita harus kembali ke tempat semula HAHAHAHA. Ngakak banget kalo inget itu. Kita akhirnya muter lagi itu buat masuk ke tol lagi. Kita jadinya lama banget tuh dijalan karena salah jalan tadi. Sampe ditelpon panitianya HAHAHA. Sumpah kalo inget itu suka ketawa sendiri, lucu banget dah. Terus ya pas kita sampe sana jelas panitia sama roommate gue udah sampe duluan. Terus gue sama 3 temen gue tadi foto-foto dulu di backdropnya itu.

dscf56311478862647799

Abis itu kita langsung ambil makanan dan masuk kedalam ruangannya. Jelas lah gue duduk bareng mereka bertiga lagi. Kita makan sambil ngobrol-ngobrol tuh, kita sampe bilang kalo meja kita itu meja ‘politik’ karena politik sama gibah beda tipis HAHAHA. Apa aja diomongin kalo kita mah. Disitu kita juga nungguin acara mulai, kan ga mulai-mulai, jadi kita lumayan gabut. Terus akhirnya roommate gue duduk bareng kita, dan Japan sama UK juga semeja sama kita.

yxh4wdogkq9ptqz2hcqsvfzvx8mqgeljriarfbdlmuq

Pas mulai acaranya, ada beberapa performance gitu deh. Dan abis itu ada game, nah yang kepilih tuh 2 temen gue yang laki, langsung gue ketawain lah. Eh pas yang cewe, delegasi Russia yang kepilih kan, dia disuruh pilih 1 cewe lagi, dan emang dasar temen gue, mempengaruhi dia buat milih gue dan akhirnya gue kepilih, ampas 🙂 Ya biasa abis itu mainnya itu loh, yang gigit pocky sampe pendek, ya jelas yang cewe yang menang, gue sih mikirnya sama-sama cewe ini, ngapain malu? HAHAHA. Gue dapet coklat tuh, walaupun coklatnya ketinggalan di mobilnya temen gue.

Abis kelar games, datenglah DJ Anu. Pas mau dateng kan lampunya dimatiin tuh, eh ada yang ngomong “Anunya mana” asli ngakak gue pas denger. Terus ya yaudah, seperti disco time pada umumnya. Dance-dance dan sebagainya. Tapi bentar doang kok, like, setengah jam? apa sejam gitu lupa gue. Abis itu ya bubar deh, kelar, kita foto-foto dulu lah ya.

6abskuu2-9bhmswjmjkep-8n1ophlfqvevql7yzf37g

Setelah itu, yang Legal Committee emang udah janji mau langsung buat Draft Resolution mengingat besok paginya udah deadline. Itu kelar sekitar jam 10an apa 11 gitu, kita akhirnya memutuskan untuk ke KFC. Malu banget gue ke KFC pake dress gitu, tapi gapapa, yang lain juga masih pake jas kok, jadi gue ga keliatan freak sendiri ke KFC pake gituan HAHAHA. Yaudah disitu kita sampe jam 3an kalo ga salah demi Draft Resolution, ditungguin panitianya juga sih. Dan gue udah ngantuk beneran itu sampe udah mau ketiduran. Dan yaudah akhirnya setelah itu kita balik ke Hotel, gue beres-beres langsung tidur deh.

11 NOVEMBER 2016

Hari ini lagi-lagi gue dan roommate bangun kesiangan HAHAHA. Tapi gapapa, emang kata panitianya disiangin mulainya gara-gara mereka tau kemaren malem kita bikin Draft Resolution sampe jam 3 pagi. Akhirnya hari itu gue sempet makan dulu tuh sebelum ke Hotel Grasia. Tapi ampas banget gue udah ga dapet sendok, minum gue ga dapet sedotan. ok. Kita malah itungannya sempet gabut dan ngobrol-ngobrol dulu berempat sampe akhirnya kita harus berangkat. Sebelumnya gue sama Roommate gue malah foto-foto dulu iseng HAHAHA.

1478862884882

Nah comses hari kedua ini less menegangkan menurut gue. Apa gara-gara hari terakhir apa gimana ga tau deh. Gue disini juga lebih percaya diri, mungkin gara-gara udah ada pengalaman dari hari sebelumnya. Pas General Speakers’ list, temen gue yang France kan ngomong, pas banget gue ga angkat placard tuh, gue ada feeling dia bakal yield his time to me, jadi gue udah siap-sip tuh, DAN BENER DIA YIELD HIS TIME TO MALAYSIA, kampret. Untung gue udah siap HAHAHA. OH dan gue juga akhirnya ngangkat motion, gue ga pernah ngangkat motion, gue cuma ngikutin motion orang doang, tapi akhirnya hari ini gue ngangkat motion and my motion got accepted! Actually I wanted to talk last but Indonesia wanted me to talk first. Jadi gue ngomong duluan pas itu.

Disini gue sempet gabut juga soalnya gue ada ga vote buat motionnya gitu kan jadi gue ga mau ngomong tuh. Jadi gue gambar muka tiap delegates terus gue kirimin satu-satu pake notes HAHAHA.

The chairs encouraged me to talk too, soalnya emang gue sempet diem beberapa motion, soalnya gue juga emang ga suka motion itu jadi gimana ya HAHAHA. Tapi ya akhirnya gue ngomong terus sih.

xqjxnqy7xct4qtok5irzl49bci2kjpft0tylrx5hk8q4aoomkwaedxqj3iplu6nodbn2tml67ypsq7p9ay8bqw

Hari ini kita banyak banget unmoderated caucusnya. Mengingat Draft Resolution yang kita buat sampe jam 3 pagi itu ditolak, mantap 🙂 Jadi kita bikin ulang gitu deh. Tapi kan kita ga bisa minta unmoderated caucus terus menerus, jadi ya moderated caucus dulu.

Karena unmoderated caucus itu sendiri ga cukup buat nyelesain Draft Resolution, akhirnya gantian gitu, ada yang keluar 2 orang buat nyelesain, nanti setelah beberapa menit gantian. Ngebet banget pas itu ngerjainnya.

Gue inget banget temen gue ngangkat motion about ‘the definition of illegal wars’ lagi dan ditolak sama Chairsnya, soalnya kemaren kita udah bahas 4 kali HAHAHAHA. Jadi akhirnya misteri Illegal Wars tidak terpecahkan. Oh ya pas temen gue lagi ngomong gitu kan gue cuma menyimak ya, dia bahas masalah timur tengah yang punya hukum agama gitu-gitu dan terus USA tiba2 ngomong intinya mau denger dari Malaysia yang punya hukum agama juga. Sumpah pas itu gue kaget banget ya gue harus berpikir cepat kan tuh. Jadi bodo amat gue jawab seadanya HAHAHA.

1xmnoobj0gv6vypxuwiktjfbfbl59eo7saebs0suhkc

Nah setelah itu akhirnya yang maju UK dan Indonesia buat mempresentasikan Draft Resolution kita. Setelah itu kita voting, karena ya semuanya memang memilih Present and Voting, ga ada yang present doang seinget gue jadi semua voting kan. Ternyata Draft Resolutionnya pass! Abis itu ya kita masih bahas beberapa motion apa gimana gitu lupa deh gue. Dan setelah itu kelar! Finally. Lega gue pas itu.

h21_sbzbetn6lwmziefj-0q-eus5f2khmncqvemjuiy
We’re here to adjourn the debate

Eeeee setelah ini masih ada session lagi, yaitu buat milih superlative awards. Gue lupa apa aja tapi pokoknya ada yang ‘most likely to be Prisoner of War’ HAHAHA. Terus ada gossip box juga, gue dapet message dari temen gue di UNICEF, He said ‘good luck’ and my other friend got “got got got” HAHAHAHA. Abis itu sesi ngobrol-ngobrol sama Chairsnya, jadi ya intinya kita ngasih kesan pesan gitu lah. Lastly, kita foto bareng.

cjvuvogjxift7tap0dttcrtxineddh5_4ecu00veb9i

Abis itu juga ga langsung pulang dulu, kita turun kebawah buat ngumpul gitu lah ya. Intinya kita ngobrol-ngobrol dan foto lagi. Gue mintain mereka tanda tangan dibelakang placard gue juga buat kenang-kenangan. Well, kita kan gatau kapan bakal ketemu lagi. Lama juga tuh ngobrolnya, tapi lebih lama ngantri buat foto HAHAHA. Soalnya banyak juga tuh kan yang mau foto.

dscf5964dscf5968

Abis itu kita balik deh! Anak Hello Hotel akhirnya balik semua. Dan ini free time! Finally! Tapi sedihnya, 3 temen gue ini hari ini pulang, jadi mereka bertiga ga ikut closing karena acara masing-masing. Jadi kita berempat memutuskan buat pergi bareng jam 7, makan. Roommate gue ga ikut soalnya dia udah ada janji sama orang lain. Yaudah akhirnya gue siap-siap tuh, gue sama roommate gue malah jadi curhat HAHAHA. Parah curhatnya asik banget dah pas itu. Kita ketawa-ketawa kan, kata temen-temen gue kita berisik banget ngalahin suara shower mereka HAHAHA.

Pas udah berangkat, kita bingung tuh mau kemana, ujung-ujungnya ke grand edge HAHAHA. Gue beli minuman yang lucu banget gitu, terus di menunya ada cotton candy yang lucu banget parah, tapi kalo beli sendiri gue ga abis pasti, eh mereka bertiga gamau, jadi ga jadi beli 😦 Terus yaudah kita ngobrol lama banget, asik sumpah kalo sama mereka. Abis itu kita foto-foto dong yaa!

1478876996789

Setelah makan kita langsung ke stasiun, nganterin 2 temen gue yang mau balik ke Surabaya. Sedih banget parahhhh, asik banget soalnya mereka. Dan btw stasiunnya jauh banget, untung kita ga tersesat. Pas udah sampe kan kita drop off mereka, kita ikutan turun, langsung foto lagi HAHAHA. Padahal ditungguin mobil dibelakang bodo amat. Sedih banget pas itu tapi.

1478876087649
(From Left to Right) Yoyo, Tommy, Me, Andi

Setelah beberapa lama akhirnya gue sama temen gue satunya lagi balik ke hotel, udah jam 9an juga, dia naik mobil mau balik ke Jogja, kalo kemaleman kan kasian juga lah ya. Terus selama perjalanan yang gue pikirin adalah gimana gabutnya gue abis ini HAHAHA. Ditinggal mereka sih, soalnya gue pikir roommate gue udah ada janji sama orang kan. Eh pas gue balik, ternyata dia balik, yay gue ada temennya! Meskipun gitu, gue sama dia juga akhirnya pergi bareng panitia dan chairs. Kita ke beer garden pas itu. Lumayan lama, sampe jam 2 pagi kalo ga salah. Kita akhirnya main werewolf pake kartu, gatau kenapa ya gue selalu jadi witch 😦 Nah ditengah-tengah gitu nyokap gue telpon, ga enak lah kalo gue bilang di beer garden jam 2 pagi, jadi gue mikir ntaran aja kasih taunya, eh pas banget muncul lagu dugem, and my friend was like “tuh tante denger lagunya” HAHAHAHA anjir 😦

Setelah itu bukannya langsung balik, kita malah ke gunung ungaran. Disitu dingin banget, mana kita nyampenya jam 3an kan, DAN BAJU GUE LUMAYAN TERBUKA. Parah dingin banget, tapi untungnya chairsnya ada yang baik banget minjemin gue jaket. Disitu kan kita harus naik lagi dikit buat ke warungnya gitu lah, gelap banget parah, mana jalannya berbatu-batu, untungnya temen gue ada yang baik banget nyalain flash. Disitu pemandangannya bagus banget parah, ga ngerti lagi. Gue ga sempet foto pemandangannya tapi soalnya batre hp gue abis. Yaudah akhirnya disitu pada makan indomie sama gorengan, setelah ngobrol beberapa lama, akhirnya kita balik deh.

12 NOVEMBER 2016

Sampe hotel sekitar jam 6 pagi, dan harusnya nih ya, jam 8 atau 10 gitu kita ke closing ceremony. Tapi gue sama roommate gue bangun jam 12 HAHAHA. Itupun dibangunin panitianya, jadi diketokin pintunya, dan gue yang buka kan, muka gue masih ampas iuh gitu eh panitianya udah rapih 🙂 yaudah ngebut deh siap-siapnya. Abis itu gue sama roommate gue makan dulu, terus langsung ke UNDIP buat ikut closing ceremony.

Pas itu gue ngobrol sama delegates lain, kita ngobrolin banyak hal juga. Ada yang udah fix ikut HNMUN ada yang managernya JESSUP UNDIP, ngomongin orang-orang ganteng UNDIP juga, lumayan banyak HAHAHA. Macem-macem lah pokoknya. MUN emang bikin cepet deket sama delegates lain sih gue akuin.

Kita nungguin pengumuman tuh, dan ternyata roommate gue dapet best position paper dan temen gue satunya dapet outstanding delegate. Dan gue? dapet pengalaman HEHEHE. Well, gue mengakui gue kurang research disini, soalnya gue kan fokus sama lomba gue satunya tuh. Tapi overall MUN asik banget lah. Gue ga bakal kapok ikut MUN. Disini gue belajar gimana caranya negosiasi dengan baik. Dan gue juga dapet temen-temen yang baik disini.

Abis itu kelar kan, kita keluar ada backdropnya, jadi jelas lah ya kita foto-foto lagi!

1479022497953
Delegate of UK, Delegate of Malaysia, SecGen, Delegate of Indonesia, Delegate of Japan

Setelah itu gue langsung balik, karena gue baliknya naik travel. Eh udah cepet-cepet taunya travel gue telat for like, 2 hours? jadi gue sama panitia yang nganterin gue memutuskan untuk makan di McD. Gue kan emang orangnya cerewet, jadi gue bisa deket sama panitianya itu, baik banget orangnya. Eh pas di McD kita ketemu panitia lain dan Chairs gue, yaudah kita duduk barengan dan ngobrol-ngobrol. Sampe akhirnya gue harus kembali ke tempat travel. Eh masih belom dateng juga, sejam lagi gue nunggu tuh. Dan akhirnya gue ditemenin panitianya itu sampe travelnya dateng, baik banget ya. Setelah itu travelnya dateng dan gue balik ke Solo!

Well, I think MUN emang seru banget, dan pengalaman ini berharga banget buat gue. I think I’m in love with MUN and also the people in ALSA MUN especially in Legal Committe + my Hello Squad! I’m gonna miss you badly though! Although I haven’t won anything here (even the superlative one lol), well, lesson learned! I need to prepare it well from now on. So, guys, see you in another MUN (will join another MUN for sure)!

Special Thanks to:

*) Hello Squad:

  1. Andi Adhyaksa
  2. Andreas Tommy
  3. Agustinus Kurniawan (Yoyo)
  4. Devinka Adira

*) Legal Committee delegates:

  1. Ahmad Syauqi (United Kingdom)
  2. Brigitta Naomi (Russia Federation)
  3. Devinka Adira (Indonesia)
  4. Andi Adhyaksa (France)
  5. Tasha Davita (Germany)
  6. Fathah Abdurahman (Japan)
  7. Priscilla Saragih (United States of America)

 

Sincerely,

Natalia Ayu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s